10 Hewan Laut Raksasa Paling Indah, dan Menakjubkan

 

Dunia ini menyimpan misteri yang menarik untuk diungkap, salah satunya dengan keberadaan hewan-hewan raksasa yang indah dan menakjubkan. Mungkin sulit bagimu untuk menemui mereka, mengingat keberadaan mereka yang jauh di dasar lautan.
Namun, setidaknya kamu perlu tahu bahwa mereka eksis dan tinggal bersama di bumi kita tercinta ini. Dilansir dari National Geographic, berikut daftar hewan laut raksasa yang indah dan menakjubkan.
1, Ubur-ubur surai singa.
Makhluk sebesar ini sulit kamu temukan di daratan. Itu karena ubur-ubur surai singa tinggal di kedalaman lautan. Makhluk raksasa ini memiliki diameter hingga 2 meter, dengan tentakel lebih dari 15 meter.
2, Hiu Paus.
Hiu paus adalah salah satu ikan terbesar di lautan dengan panjang mencapai 12 meter, bahkan bisa lebih. Raksasa ini punya sifat lembut dan berenang dengan mulut terbuka untuk mengumpulkan plankton dan ikan kecil.
3, Bintang laut raksasa.
Bintang laut raksasa memiliki duri menutupi seluruh tubuh. Mereka tinggal di lepas pantai California. Makhluk raksasa ini bisa meregenerasi atau menumbuhkan kembali anggota tubuhnya.
4, Kepiting laba-laba jepang.
Kepiting ini memiliki rangka exoskeleton yang keras untuk melindunginya dari serangan predator. Ajaibnya, kepiting laba-laba jepang bisa mencapai tiga meter. Kepiting ini biasa menyatu dengan dasar laut, baik di bawah spons ataupun kehidupan laut lainnya yang kadang menghiasi cangkangnya.
5, Paus biru.
Paus biru adalah hewan terbesar di dunia. Seekor bayi paus saja bisa membuat pria dewasa terlihat sangat kecil. Saat lahir, paus biru dapat mencapai panjang 7,6 meter, dengan berat hingga 3 ton. Sementara, saat dewasa, paus biru bisa mencapai 200 ton. Bus kota saja masih kalah ukurannya.
6, Man-of-war.
Hewan ini hidup berkoloni dengan sesamanya. Rata-rata, man-of-war memiliki tentakel sepanjang 10 meter, namun bisa mencapai 50 meter.
7, Paus sirip.
Paus ini dapat mencapai panjang 25 meter untuk jantan, dan 27 meter untuk betina. Paus sirip termasuk dalam subordo paus balin karena memiliki balin untuk menyaring plankton, dan ikan kecil saat mereka makan.
8, Kutu laut raksasa.
Hewan ini memiliki kaitan erat dengan udang, dan kepiting. Kutu laut raksasa, biasa tinggal di dasar laut dan memiliki tubuh yang luar biasa besar.
9, Hiu putih besar.
Ikan ini punya panjang tubuh 4,6 meter, dan bisa lebih panjang lagi. Mereka adalah predator bagi hewan-hewan laut, seperti singa laut, anjing laut dan ikan paus bergigi kecil.
10, Kima raksasa.
kima raksasa secara permanen akan menempelkan diri ke permukaan pasir atau reruntuhan terumbu karang. Hewan ini bisa mencapai panjang 1,2 meter dan berat 227 kg. Hebatnya, mereka bisa hidup hingga seratus tahun lebih di alam liar.