9 Jenis Kupu Kupu Yang Cantik



Kupu-kupu adalah serangga bersayap yang memiliki sayap bersisik. Indonesia patut bersyukur, karena di negeri ini diperkirakan terdapat kurang lebih 2.500 jenis kupu-kupu yang bebas beterbangan. Di seluruh dunia, terdapat kurang lebih 20.000 jenis kupu-kupu. Di antara beribu-ribu jenis kupu-kupu, banyak juga yang sering menjadi perhatian karena warna dan juga corak pada sayapnya yang cantik dan unik.


1, The Blue Morpho.
Jenis kupu-kupu ini memiliki sayap yang terbilang cukup besar. Pada sayapnya, Anda bisa melihat gradasi warna biru dan hitam sehingga membuat kupu-kupu ini terlihat sangat memukau dan memesona.
Kupu-kupu ini memiliki habitat di hutan hujan Brasil dan Venezuela. Kupu kupu jantan memiliki warna yang sangat cerah, sedangkan betina tidak berwarna secerah yang dimiliki jantan.


2, The Glasswing Butterfly.
Sayap pada kupu-kupu ini tembus pandang. Dengan tulang-tulang sayap yang menghiasi sayap tembus pandang tersebut, menambah keunikan mereka. Kecantikan The Glasswing Butterfly semakin bertambah dengan warna hitam, putih, serta sedikit warna cokelat yang menghiasi ujung sayapnya.


3, The Sri Lankan Ceylon Rose.
Bentuk sayap yang memanjang di bagian atas dekat dengan kepala serta memiliki beberapa lekukan-lekukan di bagian bawah sayap membuat bentuk kupu-kupu sangat khas dan unik.
Tampilan sayap yang berwarna hitam, putih, serta sedikit warna cokelat, menambah kupu-kupu ini semakin terlihat elegan.


4, Sapho Longwings.
Jenis kupu-kupu yang memiliki sayap lebih panjang dari pada umumnya ini bisa ditemui di kawasan Meksiko dan Ekuador. Memiliki corak dengan dominasi warna biru navy serta dihiasi dengan warna putih di tengah sayap membuat tampilan kupu-kupu ini terlihat sangat unik.


5, Spicebrush Swallowtails.
Jenis kupu-kupu ini juga merupakan jenis yang terbesar di dunia, karena rentang sayap kupu-kupu ini bisa mencapai 4 inchi.


6, Malabar Banded Peacock.
Kupu-kupu ini memiliki warna sayap hitam sedangkan bagian dalam sayapnya berwarna turquoise, sehingga membuatnya terlihat sangat anggun. Kamu bisa menemui jenis kupu-kupu ini di daerah Ghats barat India. Sayangnya, jumlah kupu-kupu cantik ini sudah mulai berkurang.


7, Peacock Swallowtail.
Didominasi dengan warna gelap berupa hitam dan biru serta sedikit terdapat warna merah muda di bawah sayapnya membuat kupu-kupu ini memiliki kesan yang misterius.


8, Monarch Butterfly.
Penyebaran kupu-kupu ini cukup luas, bahkan hampir mencakup di seluruh dunia. Keunikan lain yang dimiliki oleh kupu-kupu ini adalah racun yang ada di dalam tubuhnya. Meski terdengar berbahaya, racun ini dinilai tidak berbahaya bagi manusia.


9, Queen Alexandra Birdwing Butterfly.
Kupu kupu ini dianggap sebagai salah satu spesies kupu-kupu terbesar di dunia dengan lebar sayap mencapai 30 cm. Kupu kupu ini dapat ditemukan di daerah hutan Papua.