Kerajaan Terbesar Di Nusantara

 

Indonesia di masa lampau merupakan wilayah yang dihuni oleh kerajaan-kerajaan. Kerajaan terbesar di Nusantara tercatat dalam benda-benda peninggalan sejarah, seperti prasasti, candi, kitab kuno, dan lain sebagainya. Pada abad ke-4,  wilayah nusantara dikuasai oleh kerajaan Hindu dan Buddha yang menyebar ke berbagai pelosok negeri. Perkembangannya terus berlangsung hingga abad ke-15. Usai kerajaan agama Hindu dan Buddha runtuh, kemudian digantikan oleh kerajaan Islam seiring dengan masuknya kolonial Belanda di nusantara. Meskipun sudah runtuh, namun kerajaan-kerajaan terbesar di nusantara masih terus diingat dan dipelajari oleh generasi di masa kini. Berikut adalah kerajaan terbesar di nusantara yang pernah berjaya di masa lampau.


1, Kerajaan Majapahit.
Kerajaan Majapahit yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia ini berdiri sekitar tahun 1293, hingga 1527 Masehi. Kerajaan Majapahit terus berkembang dari waktu ke waktu, hal ini dibuktikan dengan upaya penaklukkan beberapa wilayah di Jawa, Kalimantan, Sumatra hingga Sulawesi. Salah satu tokoh paling berpengaruh dan terkenal di kerajaan Majapahit adalah Gajah Mada. Puncak kejayaan kerajaan majapahit yaitu pada masa pemerintahan Prabhu Hayam Wuruk, pada tahun 1350 hingga 1389, dengan Mahapatih Gajah Mada-nya yang kesohor dipelosok Nusantara itu. Pada masa itu kemakmuran benar-benar dirasakan seluruh rakyat nusantara.


2, kerajaan sriwijaya.
sriwijaya adalah kerajaan yang berasal dari pulau sumatra sekitar abad ke-6, sampai abad ke-12. Kerajaan asal Palembang ini berpengaruh besar di nusantara karena wilayah kekuasaannya terbentang mulai dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatra, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Singapura, Kamboja, Thailand, hingga Vietnam Selatan. raja yang terkenal yaitu Dapunta Hyang Srijayanasa karena ia adalah sosok di balik berdirinya Kerajaan Sriwijaya. dan yang tak kalah terkenal adalah raja Balaputradewa, ia Merupakan raja yang mampu membawa kerajaan Sriwijaya pada puncak kejayaannya. Kejayaan Sriwijaya dapat dilihat dari keberhasilannya di beberapa bidang, seperti maritim, politik, dan ekonomi.


3, Kerajaan Kutai.
Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia, yang berdiri mulai abad ke-4 di nusantara. raja yang terkenal di kerajaan kutai adalah raja mulawarman, karena pada masa pemerintahannya, Kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaannya. Kehidupan ekonomi kerajaan mengalami perkembangan pesat dari sektor pertanian, dan perdagangan karena letaknya sangat strategis.


4, kerajaan singasari.
Kerajaan terbesar di nusantara yang selanjutnya adalah Kerajaan Singasari. Kerajaan ini di dirikan pertama kali oleh Ken Arok pada tahun 1222. kertanagara adalah raja terakhir dan raja terbesar dalam sejarah singasari. Ia adalah raja pertama yang mengalihkan wawasannya ke luar Jawa.
ia mengadakan ekspedisi untuk menaklukkan Sumatra dan bali.