Fakta Unik Nyamuk



Nyamuk adalah salah satu hewan yang kerap dijumpai di lingkungan sekitar. Serangga ini terbilang menganggu karena nyamuk menggigit kulit untuk menghisap darah manusia. Tak hanya menimbulkan rasa gatal karena gigitannya, nyamuk juga bisa melahirkan berbagai penyakit yang merugikan. berikut adalah fakta menarik tentang nyamuk.


1, Banyak spesies nyamuk.
Terdapat lebih dari 3.500 spesies nyamuk di dunia yang berbeda-beda. Jumlah itu setara dengan ketinggian lebih dari 3 mil, bila 100 triliun nyamuk ditumpuk bersama di lapangan sepak bola.


2, Rata-rata umur nyamuk kurang dari 2 bulan.
Meskipun dikenal mematikan karena gigitannya, nyamuk adalah salah satu hewan yang memiliki rentang hidup singkat. Setelah kawin, nyamuk jantan biasanya hidup hanya selama 3 sampai 5 hari. Sementara nyamuk betina dapat hidup selama 1 atau 2 bulan. Dalam kurun waktu tersebut, nyamuk betina akan bertelur setiap tiga minggu.


3, Nyamuk menghisap darah hingga 3 kali beratnya.
Nyamuk mampu menghisap darah manusia hingga 3 kali berat badannya, karena nyamuk betina membutuhkan darah untuk bertelur dan berkembang biak dalam jumlah banyak.


4, Nyamuk adalah hewan paling mematikan di dunia.
Nyamuk adalah hewan yang mampu menularkan berbagai penyakit mematikan, karena menyebabkan malaria yang mempengaruhi hampir 300 juta orang setiap tahun. Selain itu, nyamuk juga menyebabkan gangguan seperti demam berdarah, virus zika, kolera dan influenza.


5, Air liur nyamuk penyebab rasa gatal.
Ketika nyamuk menggigit dan menghisap darah dalam  tubuh, nyamuk akan meninggalkan air liur nya di permukaan kulit, kemudian air liur ini menyebabkan reaksi alergi ringan, berupa benjolan merah yang gatal. 


6, Nyamuk tertarik dengan nafas.
Selain suka dengan darah, ternyata nyamuk juga tertarik dengan nafas kita. Nyamuk tertarik dengan karbon dioksida yang kita hembuskan melalui nafas. Itu merupakan alat pelacak bagi mereka untuk mencari kita, bahkan nyamuk mampu melacaknya dari kejauhan.


7, Nyamuk betina lebih agresif.
Para penelitian mengungkapkan fakta bahwa alasan nyamuk betina yang sering menggigit adalah karena mereka lebih membutuhkan banyak nutrisi dari darah kita untuk bisa mengembangkan telurnya.
Sedangkan nyamuk jantan, mereka tidak akan khawatir tentang asupannya, karena mereka lebih memilih memakan nektar dari tumbuh-tumbuhan.


8, Hewan penerbang sangat lambat.
Menurut penelitian, nyamuk terbang dalam kecepatan 667 kali lebih lambat dari waktu nyatanya. Berarti, nyamuk terbang hanya dengan kecepatan 1 hingga 1,5 mil per jam jika dibandingkan dengan lebah madu, yang terbang hingga 15 mil per jam.


9, Nyamuk dewasa hidup selama 6 bulan.
menurut penelitian, nyamuk betina dewasa dengan suplai makanan yang cukup dapat hidup hingga 6 bulan atau lebih lama lagi.


10, Air adalah tempat nyamuk.
air merupakan tempat menyimpan telur nyamuk untuk bisa berkembang lebih cepat. Meskipun hanya membutuhkan sedikit air saja, nyamuk bisa jadikan air tersebut sebagai tempat pembibitan mereka.