4 Hewan Paling Pintar Di Dunia


 

Dari jutaan spesies hewan di dunia, beberapa di antaranya dikenal sebagai hewan paling pintar dengan keunggulan dan ciri khas masing-masing. Tingkat kepintaran pada hewan tersebut bisa dilihat dari kemampuan belajar, berpikir, dan daya ingat yang lebih baik dibandingkan hewan lain.
Berikut adalah daftar hewan terpintar di dunia.


1, Simpanse.
Disebut sebagai hewan paling pintar di dunia. Mereka memiliki kemampuan cepat untuk belajar tentang segala sesuatu dan memiliki memori lebih baik dibandingkan hewan lainnya.
Bahkan, simpanse dapat diajari menggunakan komputer dan memecahkan soal-soal hitungan. Selain itu, hewan ini mampu cepat beradaptasi dan menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan manusia.
Di alam bebas, simpanse telah menggunakan alat-alat sederhana untuk kebutuhan hidupnya, seperti ranting untuk memancing hewan-hewan kecil keluar dari lubang-lubang di pohon, menggunakan batu untuk memecah kacang-kacangan, dan memakai daun spons untuk menyerap air.


2, Lumba-lumba.
Lumba-lumba dianggap sebagai hewan paling pintar di lautan. Hewan ini memiliki otak 40% lebih besar dari manusia. Mereka sangat mudah dilatih serta memiliki kemampuan berpikir, merencanakan, memecahkan masalah, dan belajar dari pengalaman sebelumnya.
Lumba-lumba menggunakan kemampuan ekolokasi untuk berburu mangsa, dan berkomunikasi dengan lumba-lumba lain. Ekolokasi adalah kemampuan untuk mengeluarkan bunyi dan mendengarkan bunyi, yang dipantulkan oleh objek-objek di sekitar.
Saat ini, kemampuan lumba-lumba dimanfaatkan oleh sejumlah militer untuk berbagai keperluan. Mulai dari menemukan ranjau, menyelamatkan manusia yang hilang atau terperangkap, dan menyampaikan pesan antarkapal.
Ciri khas lumba-lumba adalah mereka bisa tidur sambil berenang. Itu karena setengah dari otak mereka terjaga, sementara setengah lainnya tertidur. Dengan begitu, lumba-lumba akan tetap bisa bernapas dan melihat predator atau ancaman lainnya meskipun mereka sedang tidur.


3, Orangutan.
Orangutan merupakan satu-satunya jenis kera besar yang tinggal di Asia. Mereka adalah satwa endemik di Indonesia dan Malaysia. Istilah "orangutan" diambil dari bahasa Melayu yang berarti "manusia hutan".
Dengan ukuran otak yang cukup besar, orangutan memiliki daya ingat luar biasa. Mereka mampu mengingat peta lokasi hutan yang rumit. Kemampuan ini sangat berguna pada saat mencari makanan. 


4, Gajah.
Gajah dikenal memiliki daya ingat yang luar biasa. Mereka dapat mengingat kembali secara tepat tempat-tempat yang pernah mereka disinggahi sekalipun telah meninggalkan tempat itu bertahun-tahun lamanya. Mereka juga bisa mengingat anggota satu kelompok dan membedakan panggilan gajah lainnya.
Gajah memiliki otak yang sangat besar dibanding binatang lainnya. Daya pendengarannya pun luar biasa. Gajah bahkan dapat memanggil gajah lainnya dalam jarak berkilo-kilo meter dengan teriakannya atau dengan menjejakkan tanah.