FAKTA UNIK SAPI



Kita sering meminum susu sapi agar bisa mendukung pertumbuhan dan memperkuat tulang, Karena susu sapi banyak kandungan kalsium yang baik untuk tulang kita.
Sapi atau nama ilmiahnya Bos taurus ini juga sering dimanfaatkan sebagai penarik gerobak. Namun, di beberapa wilayah dan kepercayaan, sapi dianggap menjadi hewan yang suci. video kali ini akan membahas fakta unik sapi.


1, Punya Kemiripan Gen dengan Manusia.
Siapa sangka, hewan pemakan rumput ini ternyata secara genetik hampir mirip dengan manusia.
Meskipun secara bentuk fisik dan pencernaan berbeda, sapi mempunyai jumlah gen yang mirip dengan manusia sebesar 80%.


2, suka rebahan.
Banyak hewan yang suka rebahan, tidak terkecuali sapi. Sapi bisa merebahkan tubuh mereka selama 10 sampai 12 jam per hari.
Mereka juga harus tidur selama 4 jam sambil rebahan, tidak seperti kuda yang bisa tidur sambil berdiri.


3, efek rumah kaca.
Efek rumah kaca adalah istilah untuk menggambarkan kalau bumi semakin panas, karena panas matahari terperangkap oleh lapisan pelindung bumi (atmosfer).
Salah satu penyebabnya adalah gas metana. Gas metana banyak ditemukan dalam sistem pencernaan sapi, sapi bahkan bisa mengeluarkan 250 sampai 500 liter gas metana setiap harinya.


4, Pandangan Mata yang Luas.
Ternyata luas pandangan mata sapi bisa mencapai 360 derajat. Hal ini karena mata sapi terletak pada kedua sisi kepalanya.
Pandangan yang luas ini menyebabkan sapi mudah melihat ke segala arah kecuali belakangnya, untuk menghindari predator.


5, Sistem Pencernaan yang Rumit.
Sistem pencernaan sapi ternyata cukup rumit untuk mengolah makanan yang dimakan. Sapi mempunyai 4 bagian perut, yaitu reticulum atau perut jala, abomasum atau perut sebenarnya, omasum atau perut buku, dan rumen atau perut besar.
Rumput yang dimakan oleh sapi dan dikunyah, akan masuk ke bagian perut rumen dan reticulum, sehabis dari rumen dan reticulum, rumput akan dikeluarkan lagi dan dikunyah kembali.
Lalu, ditelan kembali menuju omasum dan diolah. Setelah diolah di omasum, makanan tersebut akan menuju bagian perut abomasum.
Oleh karena itu, sapi membutuhkan waktu 6 sampai 8 jam untuk mengunyah makanannya dengan baik.


6, Sapi Menyukai Jenis Musik Klasik.
Dikenal sebagai hewan penyuka ketenangan, fakta menarik selanjutnya adalah sapi sebagai penyuka jenis musik klasik. Khususnya yang berjenis perah. Sapi lebih menyukai musik yang lembut dan menenangkan, itulah mengapa hewan ini menyukai musik klasik dan tradisional. Berbeda dengan musik jazz dengan karakter musiknya yang cenderung berontak dan rumit, karena hal itu bisa membuat sapi stress. Kalau sapi stress, maka produksi susu akan menurun. Sedangkan, ketika bahagia dan tenang, maka ia akan memproduksi lebih banyak lagi.


7,  sapi Tidak Hanya Makan Rumput.
Meskipun benar bahwa sapi makan banyak rumput, itu tidak berarti seluruh makanan mereka. Di alam liar, sapi bisa makan sayuran akar, pucuk kecil dan anakan, daun dari beberapa pohon, dan biji bijian.