Hewan Paling lambat Di Dunia

 

Dunia fauna atau kerajaan hewan memang sangat luas dan beragam. Klasifikasi dalam dunia fauna juga sangat kompleks, sehingga tidaklah mudah bagi orang awam untuk mempelajari klasifikasi kerajaan hewan yang ada di seluruh dunia ini. video kali ini akan membahas hewan paling lambat di dunia.


1, Kukang.
Kukang atau sloth merupakan hewan mamalia yang dinobatkan sebagai hewan paling lambat di dunia. Kecepatan bergeraknya hanya nol koma 12 kilometer per jam, alias bergerak maksimal hanya sejauh 38 meter dalam satu hari penuh.
Kukang bergerak sangat lamban karena sistem tubuh mereka yang sangat hemat energi. Ini adalah proses evolusi yang membuat kukang bisa bertahan di alam liar.


2, siput atau bekicot.
Hewan ini sering kita jumpai di areal perkebunan, ladang, dan persawahan. Siput atau bekicot memang terkenal sangat lamban dalam bergerak.
penelitian mengungkapkan bahwa bekicot bergerak sepanjang 25 meter selama 24 jam. Diperkirakan, 30% energinya hanya digunakan untuk memproduksi lendir saja.


3, koala.
Hewan imut ini juga merupakan hewan pemalas yang memiliki gerakan paling lambat di dunia. Hewan yang berasal dari Australia ini memiliki waktu tidur yang sangat lama, sekitar 18 jam sehari waktunya dihabiskan untuk tidur.
Saat ini, koala dimasukkan ke dalam daftar hewan yang nyaris punah dan sangat dilindungi di Australia. Penyebab utama koala nyaris punah ialah 99% habitatnya yang telah rusak.
Ditambah, koala memang terlalu malas untuk mempertahankan dirinya alias terlalu pasrah. Itu sebabnya, saat ini, alam liar nasional khusus untuk koala banyak dibuka di Australia.


4, Kura-kura.
kura kura bergerak dengan kecepatan kurang dari 1,6 km per jam, sehingga termasuk hewan paling lambat di dunia. Kura-kura juga mempunyai metabolisme yang sangat lambat sehingga membutuhkan lebih sedikit energi. kura kura mempunyai penyimpanan air yang besar, sehingga memungkinkan mereka untuk bertahan hidup selama satu tahun tanpa makan atau minum.


5, kuda laut.
hewan yang memakan lebih dari 3000 plankton sehari ini hanya bergerak dengan kecepatan 1,5 meter per jam.
Menurut laman National Geographic, kuda laut bergerak dengan menggunakan sirip di belakang tubuhnya yang memberikan daya dorong untuk maju ke depan secara perlahan. Sementara, untuk bergerak ke atas atau ke bawah, kuda laut memanfaatkan kantung udara di dalam tubuh mereka.


6, bintang laut.
Bintang Laut atau starfish, merupakan salah satu hewan paling lambat di dunia. Hewan yang termasuk pada kelas Asteroidea ini ternyata tidak memiliki rangka tubuh, yang dapat membantunya dalam bergerak. Bintang laut hanya memiliki rangka yang terbatas untuk perlindungan diri.
bintang laut memang bergerak sangat lambat. Jika hewan ini lapar, ia akan berburu dengan cara bergerak agak memantul. Namun jika hewan ini tidak lapar, ia tidak akan bergerak. Kalaupun bergerak, bintang laut hanya mengikuti gerakan air.