Cara Merawat Ikan Cupang Half moon

 


Memelihara ikan ini tergolong cukup sulit. Hal yang tersulit dari ikan ini adalah ekor dan siripnya,  sering terkena kuman. Jika ekor dan sirip sudah terkena kuman, otomatis ekor dan sirip ikan tidak dapat mengembang. Oleh karena itu, perlu perawatan ekstra pada kedua bagian ini.

1.jenis akuarium.
Ikan cupang biasanya diletakkan di dalam wadah kecil. Karena ikan hias cupang sulit untuk dicampur dengan ikan lainnya. Namun, untuk memelihara ikan ini, sebaiknya ikan cupang ini dipelihara di dalam akuarium yang cukup besar. Hal ini bertujuan untuk menghidari kerusakan pada sirip dan ekornya. Selain itu, keindahan ikan ini bisa kita nikmati ,jika kita memeliharanya di akuarium. Akuarium yang biasa digunakan adalah akuarium soliter dengan ukuran 15 kali 15 kali 20 cm, ataupun ukuran 30 kali15 kali 20 cm.

2.jenis air akuarium.
Air yang baik digunakan untuk akuarium ikan ini adalah, air PDAM yang sudah diendapkan selama semalam. Air sumur juga bisa kita gunakan. namun, kita harus mengendapkan lebih lama lagi dengan tujuan kandungan air menjadi netral.

3.obat cupang.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, hal yang tersulit dari memelihara ikan ini adalah, memelihara bagian ekor dan siripnya dari serangan kuman. Untuk menghidari hal tersebut terjadi pada ikan cupang kesayangan kita, kita perlu memberikan obat, yaitu garam ikan, dengan takaran sedikit ditambah dengan methyline blue. Perbandingan pemberiannya yaitu satu tetes methyline blue, untuk enam liter air.

4.makanan cupang.
Makanan ikan ini sebenarnya tidak ada perbedaan dengan makanan ikan cupang lainnya. Makanan yang biasa diberikan adalah kutu air, cacing darah, cuk, dan sebagainya. Pemberiannya harus dikombinasikan antara makanan yang satu dengan lainnya.
Untuk pemberian makan ikan ini, berikanlah pakan dua kali dalam sehari. Waktu yang paling cocok dalam pemberian pakan yaitu pagi dan sore. Dalam memberikan makan ikan cupang, berikanlah pakan secukupnya. Karena, jika kita terlalu banyak memberikan pakan, maka banyak pakan yang tersisa dan bisa mengotori air akuarium.

5.kebersihan akuarium.
Untuk menjaga agar air tetap bersih, dan menghindarkan ikan cupang kesayangan kita terkena penyakit, kita harus mengganti air akuarium secara rutin. Biasanya, air akuarium diganti dua hari sekali. Namun, penggantiannya tidak keseluruhan.
Ganti air setengah saja dari akuarium, dan seminggu sekali atau dua minggu sekali, air akuarium baru diganti secara keseluruhan. Selain itu, bersihkan juga akuarium , ketika kita mengganti semua air akuarium , agar ikan cupang kesayangan kita terbebas dari penyakit.
 

cek videonya disini

Sponsor