OKAPI HEWAN UNIK PERPADUAN ANTARA JERAPAH DAN ZEBRA



Benua Afrika terkenal akan keanekaragaman hewannya. Salah satu hewan menarik dan endemik dari Afrika ialah okapi, yang memiliki nama Latin Okapia jonstoni. Hewan ini sekilas tampak seperti zebra, tapi sebenarnya bukan.
Okapi juga sering disebut sebagai "unicorn dari Afrika" karena mereka nyaris tak pernah terlihat di alam bebas. Selain itu, ada beberapa fakta menarik tentang hewan nasional negara Republik Demokratik Kongo ini.


1, Mirip zebra, tetapi berkerabat dekat dengan jerapah.
Sekilas okapi tampak seperti perpaduan rusa dan zebra karena belang di tubuhnya. Akan tetapi, mereka sebenarnya merupakan kerabat dekat jerapah, dan satu-satunya yang masih hidup saat ini.
Sering disebut sebagai jerapah hutan, okapi memang tidak terlihat seperti hewan dengan leher panjang tersebut. Tubuhnya tidak terlalu tinggi karena habitatnya di hutan hujan, sehingga mudah untuk menjangkau daun pohon.
Meskipun demikian, ada beberapa persamaan okapi dengan jerapah. Di antaranya adalah okapi jantan memiliki bagian seperti tanduk yang bernama ossicone dan lidah yang panjang, layaknya jerapah.


2, Memiliki lidah panjang yang serbaguna.
Sama seperti jerapah, okapi memiliki lidah yang panjang dan berwarna gelap. Lidah okapi berwarna hitam keunguan dengan panjang yang dapat mencapai 30 cm. Lidah yang panjang tersebut dapat menggulung dan membantu okapi menjangkau dedaunan di wilayah hutan hujan.
Lidahnya yang panjang juga mereka gunakan untuk membersihkan bagian tubuh tertentu. Misalnya untuk membersihkan kelopak mata dan bahkan bagian telinganya. Selain itu, lidahnya dapat digunakan untuk mengusir serangga dari leher.


3, Belang-belang pada tubuhnya berguna untuk kamuflase.
Belang pada bagian belakang tubuh dan kaki okapi bukan tanpa fungsi. Belang tersebut membantu okapi untuk berkamuflase. Karena hidup di hutan hujan tropis yang lebat, garis-garis cokelat dan putih di tubuhnya akan membantunya berbaur dengan lingkungan. Pola-pola tersebut tampak seperti garis sinar matahari yang masuk melalui pepohonan.
Selain untuk berkamuflase, fungsi lain dari belang okapi ialah untuk membantu anaknya mengikuti induk agar tidak tersesat di hutan yang lebat. Hal yang menarik lainnya, sama seperti zebra, pola belang pada okapi berbeda dan unik pada setiap individu.


4, Kakinya dapat mengeluarkan senyawa khas.
Salah satu hal menarik dari okapi ialah keberadaan kelenjar bau pada kakinya. Mereka dikenal sebagai hewan berkelompok dan teritorial. Kelenjar bau tersebut dapat mengeluarkan senyawa seperti tar, untuk menandai wilayahnya dan memperingatkan okapi lainnya.
Selain itu, okapi jantan sering kali menggunakan air seni untuk menandai wilayah kekuasannya. Mereka terkenal berperilaku agresif jika ada okapi lain yang melewati wilayah kekuasannya. Selain itu, ia akan berusaha mengusir siapa pun yang melanggar batasnya, bahkan jika harus melibatkan perkelahian.