Kisah Unik Sejarah Militer Inggris, " The Pink Panthers. "

 

 


 Sepenggal cerita unik dalam Sejarah Militer Inggris,  " The Pink Panthers. "


Militer Inggris sebelumnya memiliki armada Land Rover merah muda, yang dengan penuh kasih disebut sebagai "Pink Panthers". terlepas dari kenyataan, bahwa merah muda mungkin tidak tampak seperti warna yang pas untuk kendaraan militer tempur.

Dua warna paling populer untuk kendaraan militer adalah khaki dan krem, tetapi merah muda dulunya adalah pilihan terbaik untuk kamuflase gurun.


Armada jip Land Rover Seri 2A berwarna merah muda bertugas di SAS Inggris dari tahun 1968 hingga 1984. "Desert pink," seperti yang awalnya dikenal, pada awalnya digunakan dalam kampanye Afrika pada Perang Dunia 2. Namun, para ahli Inggris kemudian memverifikasi bahwa itu adalah warna kamuflase yang paling cocok untuk gurun.
The Pink Panthers atau Pinkies adalah nama panggilan mereka.

Menurut legenda, kendaraan Pink Panther, dikembangkan sebagai hasil dari penemuan kecelakaan pesawat pada Perang Dunia II, di gurun Afrika Utara.


Setelah bertahun-tahun terpapar cuaca, logam mulai menjadi merah muda, dan personel SAS mencatat bahwa rona itu berhasil menyembunyikan bencana dengan sangat baik.
Warna merah muda membuat jet yang jatuh hampir tidak terlihat dari kejauhan, sampai Anda benar-benar dekat dengannya.


Pink Panthers secara khusus diciptakan untuk operasi rahasia di gurun Oman, karena seberapa baik mereka bergabung dengan bukit pasir di sekitarnya.
Sayangnya, hanya 20 dari 72 Seri 2A Land Rover SAS yang dibeli pada awal 1960an diperkirakan masih ada sampai sekarang.

Pada tahun 2019, menurut informasi, satu Pink Panther yang sangat langka untuk dijual, dengan harga $85.000.
Model ini, yang pensiun dari dinas militer pada tahun 1986, termasuk buku salinan suku cadang, manual, dan jadwal peralatan.
Ini juga memiliki warna asli yang membuatnya terkenal.


Hanya segelintir Pink Panthers yang tersedia untuk dibeli di pasar terbuka, sisanya disimpan dalam koleksi pribadi dan pajangan museum.

sumber asli  odditycentral

Cek english videonya disini 

Cek indonesia videonya disini