Ulat Tanduk Hijau Tembakau & Tomat Menurut Wikipedia

 


ulat tanduk hijau menurut wikipedia.
Manduca sexta,(atau lebih dikenal sebagai ulat tanduk tembakau) adalah ngengat, yang kini banyak dijumpai di benua Amerika. Umumnya dikenal sebagai ngengat Carolina sphinx (fase dewasa) dan ulat tanduk tembakau (fase ulat). ngengat ini berkaitan erat dan sering keliru, karena sangat mirip dengan ulat tanduk pada tomat . di mana kedua larva dari ngengat tersebut memakan dedaunan dari berbagai tanaman. 

Ulat tanduk tembakau kadang-kadang disimpan sebagai hewan peliharaan oleh anak-anak di berbagai wilayah. Larva spesies tersebut dapat dibedakan dengan tanda-tanda, misalnya ulat tanduk tomat memiliki delapan tanda putih berbentuk V tanpa batas,  sementara ulat tanduk tembakau memiliki tujuh garis putih diagonal dengan batas berwarna hitam.

 Selain itu, ulat tanduk tembakau memiliki tanduk merah, sedangkan ulat tanduk tomat memiliki tanduk berwarna biru gelap atau hitam. Cara untuk mengingat tanda-tanda tersebut adalah, ulat tanduk tembakau memiliki garis-garis lurus berwarna putih, sementara ulat tanduk tomat memiliki tanda-tanda berbetuk V.
Ulat tanduk tembakau memiliki mekanisme untuk secara selektif mengikat dan mengeluarkan neurotoksin nikotin yang ada dalam tembakau.

Manduca sexta atau ( ulat tanduk tembakau), umumnya digunakan sebagai organisme model, terutama di bidang neurobiologi karena sistem saraf yang mudah diakses dan siklus hidupnya yang pendek. Spesies ini digunakan dalam berbagai eksperimen ilmiah biologi dan biomedis. Ulatnya besar sehingga relatif mudah untuk dibedah dan dipisahkan organnya.

Ulat tanduk yang dipelihara dengan makanan buatan, sering diberikan sebagai makanan hewan eksotis insektivora, seperti reptil, ikan kecil dan mamalia. Ulat tanduk liar tidak boleh diberikan pada hewan peliharaan, seperti ulat yang diambil dari tanaman liar yang bisa berakibat fatal bagi hewan yang mengkonsumsi. 

Meskipun awalnya ulat tanduk dibiakkan untuk laboratorium, namun juga diternakkan untuk tujuan dijual belikan. Mereka sering dijual dalam bentuk kemasan, yang mencakup segala sesuatu yang dibutuhkan ulat, termasuk makanan. 

Perawatannya relatif mudah dan hewan pemangsa tampaknya suka menikmati warna cerah dari ulat ini.

cek videonya disini