Bedugul itu Tempat Apa Dimana Letaknya ??

 


Bedugul adalah, sebuah kawasan wisata dengan danau dan gunung di Bali, Indonesia. letaknya di bagian tengah pulau bali, di dekat Danau Bratan, antara Denpasar dan Singaraja. Daerah ini mencakup desa Bedugul sendiri, Candikuning, Pancasari, Pacung dan Wanagiri.
Bedugul terletak di Kabupaten Tabanan, 48 kilometer di sebelah utara kota Denpasar , atau 20 kilometer  sebelah selatan Singaraja. Di daerah ini terdapat tiga danau kawah, yaitu, Danau Bratan, Danau Buyan, dan Danau Tamblingan. Tempat wisata utama di Bedugul adalah Pura Ulun Danu Bratan dan Kebun Raya Bali.
secara spesifikasi, 3 tempat ini yang paling terkenal di bedugul.


1.danau beratan.
Danau Bratan adalah, sebuah danau yang terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau bratan ini,  yang terletak paling timur dari dua danau lainnya yaitu Danau Tamblingan dan Danau Buyan,  yang merupakan gugusan danau kembar di dalam sebuah kaldera besar. sedangkan Danau Bratan paling timur dan terbilang cukup istimewa.
Danau Bratan Berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar-Singaraja, serta letaknya yang dekat dengan Kebun Raya Eka Karya, menjadikan tempat ini menjadi salah satu andalan wisata pulau Bali. Disamping mudah dijangkau Danau Bratan juga menyediakan beragam pesona dan akomodasi yang memadai, serta Di tengah danau terdapat sebuah pura.


2.pura ulun danu.
Candi ini sebenarnya digunakan untuk upacara persembahan kepada dewi, yaitu, Dewi Danu, dewi air, danau dan sungai. Pura ini berjarak sekitar 70 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai ,dan kurang lebih 50 km dari pusat kota Denpasar. Pendiri Pura tersebut diduga adalah I Gusti Agung Putu. Didirikan pada tahun saka 1556 atau 1634 Masehi,  dan dipelihara oleh empat “satakan” dari desa-desa di sekitar area Pura ini, yang terdiri dari, satakan Candi Kuning mewilayahi 5 bendesa adat, satakan Bangah mewilayahi 3 bendesa adat, satakan Antapan mewilayahi 4 bendesa adat, dan satakan Baturiti mewilayahi 6 bendesa adat.


3.Kebun Raya Bali.
Kebun Raya Bali digagas oleh Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo, Direktur Lembaga Pusat Penyelidikan Alam yang merangkap sebagai Kepala Kebun Raya Indonesia, dan I Made Taman, Kepala Lembaga Pelestarian dan Pengawetan Alam.  kedua orang ini berkeinginan untuk mendirikan cabang Kebun Raya di luar Jawa, dalam hal ini Bali. Pendekatan kepada Pemda Bali dimulai tahun 1955. akhirnya pada tahun 1958, pejabat yang berwenang di Bali secara resmi, menawarkan kepada Lembaga Pusat Penyelidikan Alam untuk mendirikan Kebun Raya di Bali. Kebun Raya Bali dibuka pada tahun 1959, dan Kebun raya ini memiliki luas 1.575 hektar, menjadi salah satu kebun raya terbesar di Indonesia.

 cek videonya disini