Ular Kecil Asli Meksiko Bertahan Hidup Dengan Kentut

 


Pertahanan Ular Kecil dengan Kentut.


Kecil asli dari gurun Amerika Serikat dan Meksiko, adalah ular berhidung bengkok pantai barat ini terkenal karena bentuk moncong dan kentutnya , untuk menakuti pemangsa kejam.


Ular berhidung bengkok pantai barat ini mengandalkan kentut sebagai strategi pertahanan,  daripada racun mematikan yang dimiliki kobra dan ular derik atau otot kuat seperti ular piton dan Boa.


Saat dalam bahaya,  ia melepaskan gelembung udara yang bergemuruh dari kloakanya, yang merupakan pintu keluar kotoran ular.


Jenis pertahanan yang aneh ini, sering disebut sebagai perut kembung defensif atau ledakan kloaka, dimaksudkan untuk membingungkan pemangsa. cukup lama.  sehingga ular dapat melarikan diri.

Ular hidung bengkok Pantai Barat ini, membuat kentut khas mereka dengan menggunakan dua set otot untuk mengisolasi kantong udara,  yang terkompresi dan kemudian mengontraksikan sfingter kloaka untuk melepaskannya secara paksa, ini menurut Bruce Young, ahli morfologi eksperimental di Lafayette College di Easton, Pennsylvania.


Ular kecil ini dapat kentut dengan suara yang mungkin terdengar hingga 10 meter,  berlangsung selama sekitar dua persepuluh detik, dan biasanya berulang.


Meskipun mereka memiliki kecenderungan untuk menghasilkan nada yang lebih tinggi daripada kentut lainnya,  mereka bukan yang paling berisik menurut standar manusia dan bisa sangat membingungkan hewan lain.

Saat mereka kentut, ular berhidung bengkok pantai Barat ini, sepertinya tidak menahan diri.
Bruce Young menemukan,  bahwa beberapa spesimen kentut begitu kuat sehingga mereka mengangkat diri dari tanah,  selama beberapa pengujian eksperimentalnya.


Menurut Young, ular berhidung bengkok kadang-kadang akan meluncurkan diri dari tanah karena jumlah energi yang mereka gunakan selama ledakan kentut ini.


Sistem pertahanan ini tentunya yang paling gila, karena melebihi kadal yang menyemburkan darah dari bola matanya.
Satu-satunya spesies ular yang diketahui menggunakan kloaka sebagai pertahanan alami , adalah ular berhidung bengkok pantai barat dan ular karang Arizona.

cek videonya disini